Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas kajian-kajian pembelajaran cerpen bagi siswa Sekolah Luar Biasa (SLB). Hal ini dilakukan karena suatu kajian penelitian memerlukan bantuan dalam memetakan permasalahan yang perlu diatasi dan ditingkatkan dalam inovasi pembelajaran agar lebih adaptif dan aplikatif dalam penerapannya. Metode penelitian kali ini menggunakan studi pustaka. Data diambil dari artikel jurnal maupun karya ilmiah lainnya yang terbaru di Google Scholar dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2025 saja. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat kajian-kajian populer dalam pembelajaran cerpen bagi siswa SLB yang berkategori siswa tunanetra sebanyak 4 penelitian, siswa tunarungu sebanyak 1 penelitian, dan siswa SLB secara umum sebanyak 1 penelitian. Kebaruan penelitian ini menemukan bahwa kajian yang paling populer dalam pembelajaran cerpen bagi siswa SLB dilakukan pada siswa tunanetra. Sementara itu, kategori siswa SLB yang lain juga sangat membutuhkan pembelajaran cerpen yang adaptif dan inovatif. Dengan demikian, systematic literature review ini dapat memberikan peluang yang luas pada penelitian sejenis berikutnya agar pembelajaran cerpen dapat lebih inklusif dan komprehensif dialami oleh seluruh siswa SLB di Indonesia.
Copyrights © 2025