LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 10, No 2 (2025): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra

Penggunaan Model Pembelajaran Active Debate di dalam Kemampuan Berdebat Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Panyabungan

Siregar, Elisa Futri (Unknown)
Parapat, Lili Herawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Active Debate terhadap Kemampuan Berdebat Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Panyabungan”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, variabel X 20 soal dan essay variabel Y sebanyak 1 soal. Penelitian diadakan di SMK Negeri 3 Panyabungan. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 24 siswa. Hasil penggunaan model pembelajaran active debate yaitu 83,75 sehingga tingkat rata-rata siswa berada pada kategori “ Sangat Baik”. Variabel Y tentang kemampuan berdebat siswa diperoleh 79,75 sehingga tingkat rata-rata siswa berada pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil analisis data berdasarkan pengujian persyaratan analisis, yang sudah ditentukan dalam penelitian maka dilakukan analisis dengan teknik kolerasi product moment.Perbandingan nilairxy dan rtabel yakni (0,689 0,404). Maka hipotesis alternatif (Ha) menyatakan adanya pengaruh terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Active Debate terhadap Kemampuan Debat Siswa Kelas X  SMK Negeri 1 Panyabungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...