Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan discovery learning dalam mengemukakan struktur teks biografi kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 172 siswa dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 8 laki-laki. Metode penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pendekatan statistik. Instrument yang digunakan adalah tes. Tes berupa pertanyaan atau latihan serta alat lain untuk mengukur keterampilan siswa dalam mengemukakan struktur teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dari itu adanya pengaruh kemampuan mengemukakan struktur teks biografi di kelas XI , jumlah yang diperoleh Variabel X Penggunaan Discovery Learningyang diperoleh adalah 1510 dengan rata-rata 68,63 berkategori “Cukup", dan jumlah dari Variabel Y dalam mengemukakan struktur teks biografi yang diperoleh adalah 1280 dengan rata-rata 58,18 berkategori “Kurang"
Copyrights © 2025