Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor, bentuk, dampak self harm serta implementasi pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy untuk mereduksi perilaku self harm pada peserta didik kelas IX di SMP Telkom Sekar Kemuning Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan interview, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatif menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan terdapat 2 subjek penelitian yang melakukan self harm, yang disebabkan oleh faktor disfungsional keluarga serta kurangnya kemampuan mengekspresikan emosi negatif. Bentuk self harm yang dilakukan diantaranya menyayat permukaan kulit, membenturkan kepala atau tangan ke tembok. Proses konseling dilakukan oleh guru BK untuk mereduksi perilaku self harm dengan langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up. Setelah diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy oleh guru BK, peserta didik mampu mengubah pola pikir serta mereduksi perilaku self harm subjek dan mengubahnya ke arah yang lebih positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024