Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Integrasi Media Word Wall dengan Metode Game Based Learning Terhadap Keaktifan Siswa SMA Negeri 11 Maros. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Sampel pada penelitian adalah kelas XI-A.1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-A.2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukan bahwa Kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih besar, dengan rata-rata 42,12 pada pretest menjadi 84,24 pada posttest, dengan peningkatan 42,12. Sementara itu, kelas kontrol mengalami peningkatan dari rata-rata 36,52 menjadi 75,15 dengan selisih sebesar 38,63. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailend) 0,001 < 0,005, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan integrasi media Word Wall dengan metode Game Based Learning memiliki pengaruh terhadap keaktifan siswa SMA Negeri 11 Maros.
Copyrights © 2025