Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya proses dan hasil belajar siswa, yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih berfokus pada guru. Siswa kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran. Siswa kurang bersemangat saat mengikuti pelajaran, dan minat siswa terhadap materi pelajaran tidak cukup terlihat, Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model Team Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik serta tes hasil belajar. Kemudian dianalisis menggunakan data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan, hasil dari observasi guru pada siklus I yaitu 78,26% dan pada siklus II menjadi 86,96%. Hasil observasi peserta didik pada siklus I yaitu 62,07% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Dan nilai hasil soal tes peserta didik pada siklus I 65,51% dan terjadi peningkatan di siklus II menjadi 89,66%. Dari hasil penelitian ini, dapat dikatakan bahwa penerapan model kooperatif dengan tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 94/II Muara Bungo
Copyrights © 2025