Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Marbel Sholat Anak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi “Senangnya Belajar Praktik Sholat” di kelas III SD Negeri Solog. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Pada pra-siklus, ketuntasan hanya mencapai 22%, meningkat menjadi 76% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 81% pada siklus II, sehingga melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 80%. Peningkatan ini terlihat dari antusiasme, keterlibatan aktif, serta ketertarikan siswa dalam menggunakan aplikasi Marbel Sholat yang menyajikan materi dengan tampilan interaktif, animasi, dan audio yang menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Marbel Sholat Anak efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam praktik sholat.
Copyrights © 2025