Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Nama Allah dan Kitab-Nya melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang dengan jumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Sebelum penerapan model picture and picture, hasil belajar siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,5 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 20%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74,5 dan persentase ketuntasan 60%, meskipun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah (75%). Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus II, di mana nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%, sehingga penelitian dapat dihentikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 04 Lembah Melintang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023