Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2023): Kaipi: Kumpulan Artikel Pendidikan Agama

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mat Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Mengenal Nama Allah Dan Kitab-Kitab-Nya Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V Sekolah Dasar

Risna, Risna (Unknown)
Alfajri, Alfajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Nama Allah dan Kitab-Nya melalui penerapan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Lembah Melintang dengan jumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Sebelum penerapan model picture and picture, hasil belajar siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 66,5 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 20%. Pada siklus I, terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74,5 dan persentase ketuntasan 60%, meskipun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah (75%). Peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada siklus II, di mana nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%, sehingga penelitian dapat dihentikan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 04 Lembah Melintang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kaipi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Kumpulan Artikel Ilmu Pendidikan Islam (KAIPI) is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion concerning Islamic Education in Academic disciplines and Institutions, focusing on advancing formal and ...