Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat permasalahan yang membuat peneliti ingin melakukan kajian yang lebih mendalam dimana terdapat rendahnya tingkat sikap kedisiplinan peserta didik ketika di kelas dan berdampak menurunya prestasi belajar peserta didik. Sehingga perlu dilakukan peningkatan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan kkm di sekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament TGT, dengan bantuan media belajar aplikasi qreatif educativ untuk mendukung permainan dalam pembelajar tipe TGT ini. Disini fokus objek terhadap kelas IV, dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi sikap kedisplinan, angket kedisiplinan, observasi guru, observasi siswa. Kemudian didapat hasil dari siklus I dan siklus II yaitu rata-rata 55,25 dengan kriteria cukup dan siklus II rata-rata 77,3 baik, hasil angket pada siklus I dan II yaitu Nilai 70 dengan kriteria Baik dan siklus II Nilai 81 dengan kriteria Baik sekali, hasil observasi guru 74 dengan kriteria baik dan siklus II 94 dengan kriteria Baik seklai dan pretasi belajar mendapat rata-rata siklus I 65 % dengan kriteria Cukup dan siklus II 77,5%. Ini menunjukan adamya peningkatan sikap kedisiplinan dan pretasi belajar pada peserta didik.
Copyrights © 2025