Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap kemampuan belajar kognitif siswa pada materi cahaya dan alat optik di SMP Sunan Ampel Poncokusumo. Penelitian kuantitatif dengan desain Pra-Experimental Tipe One Group Pretest-posttest ini melibatkan 28 siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui prettest dan posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji hipotesis menggunakan Paired T-test. Hasil uji validasi materi menunjukkan kelayakan media permainan ular tangga dengan persentase keseluruhan 91,67% (kualifikasi sangat baik). Rata-rata nilai pretest siswa adalah 70,43, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 78,79. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (nilai signifikasi 0,200>0,05). Hasil uji paired T-test menunjukkan nilai Thitung (3.136) lebih besar dari Ttabel (1.703) dengan taraf signifikasi 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan belajar siswa setelah menggunakan media permainan ular tangga lebih baik dibandingkan sebelumnya. Peningkatan rata-rata skor dan penolakan H0 menunjukkan penggunaan media permainan ular tangga memberikan pengaruh dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan belajar kognitif siswa pada materi cahaya dan alat optik.
Copyrights © 2025