Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 4 (2025)

Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Siswa Sekolah Dasar

Andhika, Andhika Kurniawan (Unknown)
Endang Indarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngargosari. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya penerapan model pembelajaran yang berpusat pada siswa serta dominasi metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan berpikir kritis, serta evaluasi hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 29% siswa yang memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91%. Kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan pada setiap aspek, seperti mengidentifikasi masalah, menentukan permasalahan, menentukan strategi, mengumpulkan data, dan menyusun kesimpulan. Model PBL mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan kolaborasi, serta memotivasi siswa untuk belajar mandiri dan berpikir kritis. Dengan demikian, model Problem Based Learning efektif diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...