Pembelajaran kebugaran jasmani yang bervariatif tentunya tidak akan membuat peserta didik mudah menerima materi dengan baik. Kebugaran jasmani diintegrasikan dengan media saat ini penting untuk dikembangkan baik dari degi konten maupun penampilan media. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran interaktif berbasis multimedia pada pendidikan jasmani menggunakan Ispring Suite 10 untuk peserta didik pada Fase E. Metode penelitian yang digunakan yaitu Model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian meliputi observasi, angket dan dokumen, serta analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai nilai sangat tinggi berdasarkan penilaian ahli materi (92,5%), ahli komunikasi (91%) dan ahli pembelajaran (95%). Melakukan studi kelompok kecil menghasilkan skor layak sebesar 88,83%, sedangkan pada studi kelompok besar mencapai 93,94%. Umpan balik siswa terhadap media pembelajaran menunjukkan tingkat kejelasan, kemudahan dan kegunaan yang sangat tinggi, dengan rata-rata penilaian 94,44% pada kelompok besar. Simpulan penelitian menunjukkan pengembangan pembelajaran media interaktif berbasis multimedia efektif meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa tentang kebugaran jasmani. Pendidik pendidikan jasmani direkomendasikan menggunakan ini sebagai pembelajaran yang menarik dan interaktif untuk memfasilitasi peserta didik belajar mandiri.
Copyrights © 2025