Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 2 (2024): May

Kelayakan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Alat Musik Sarone Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Ansumarwaty, Febiyanti (Unknown)
Agus Abhi Purwoko (Unknown)
Burhanuddin (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)
Satutik Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Perangkat pembelajaran berbantuan alat musik sarone merupakan perangkat yang dikaitkan dengan media alat musik sarone. dan terdiri atas RPP, bahan ajar, LKPD dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini meggunakan model 4D yakni define, design, develop, dan disseminate. Instrumen berupa lembar validasi berbentuk penilaian dengan skala likert 1-4. Penilaian ini melibatkan 3 validator ahli pada bidang fisika dan 2 validator praktisi, yakni guru mata pelajaran fisika di SMAN 1 Lembar. Hasil validitas produk menunjukkan persentase dan kategori sebagai berikut: RPP 89,02% (sangat valid); bahan ajar 87,88% (sangat valid); LKPD 91,92% (sangat valid); dan instrumen tes 90,06% (sangat valid) dan untuk nilai reliabilitasnya dengan rata-rata di atas 75%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...