Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Cakranegaara tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket motivasi belajar peserta didik untuk setiap siklus. Angket motivasi terdiri atas 26 pernyataan yang terdiri atas pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kuantitatif. Peningkatan motivasi ini dapat dilihat dari peningkatan persentase motivasi belajar PPKN peserta didik kategori tinggi dari 14,81% pada kegiatan prasiklus menjadi 37,04% pada siklus 1 dan 62,96% pada siklus 2. Kemudian persentase peningkatan motivasi belajar peserta didik kategori sangat tinggi dari 7,40% pada kegiatan prasiklus menjadi 14,81% pada siklus I dan 33,33% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran CRT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 8 Cakranegara pada mata pelajaran PPKN.
Copyrights © 2025