Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Peran Air Bersih dan Sanitasi dalam Meningkatkan Kualitas Hidup: Tinjauan Literatur terhadap Pencapaian Tujuan SDGs 2030

Fatristya, Lalu Galeh Inggil (Unknown)
Wardatun Saimah (Unknown)
Islamul Hadi (Unknown)
Evi Aryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2025

Abstract

Air bersih dan sanitasi yang layak merupakan elemen fundamental dalam meningkatkan kualitas hidup dan mendukung pembangunan berkelanjutan. Artikel ini menyajikan tinjauan literatur terkait peran penting air bersih dan sanitasi terhadap kesehatan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin ke-6, yaitu "Air Bersih dan Sanitasi untuk Semua". Studi ini mengeksplorasi dampak langsung dari akses air bersih terhadap penurunan angka penyakit terkait air, seperti diare dan infeksi saluran pencernaan, serta implikasi sanitasi yang buruk terhadap tingkat kematian anak dan beban kesehatan masyarakat. Selain itu, literatur menunjukkan hubungan kuat antara infrastruktur sanitasi yang memadai dengan peningkatan produktivitas ekonomi dan keseimbangan sosial. Analisis juga mencakup tantangan global, seperti keterbatasan sumber daya, perubahan iklim, dan ketimpangan akses di negara berkembang. Hasil tinjauan ini menegaskan bahwa investasi berkelanjutan dalam sektor air bersih dan sanitasi merupakan kunci strategis untuk mempercepat pencapaian SDGs, terutama dalam konteks mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap tantangan global. Artikel ini merekomendasikan pendekatan kolaboratif lintas sektor untuk memastikan keberlanjutan inisiatif yang mendukung air bersih dan sanitasi bagi semua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...