Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Membangun Desa Wisata Syariah dengan Memanfaatkan Situs Sejarah Kecamatan Gebang Untuk Mewujudkan Langkat Berseri

Azmy, Azmy (Unknown)
Sirait, Robin (Unknown)
Syah, Nurul Hasanah (Unknown)
Sari, Emilia Embun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan desa wisata syariah berbasis situs sejarah di Kabupaten “Langkat Berseri” (Bersih, Religius, Sejahtera, dan Inovatif). Kabupaten Langkat mempunyai banyak sekali situs bersejarah yang bernuansa Islam, yang selama ini hampir terlupakan, seperti makam para ulama maupun tokoh agama, masjid masjid tua, dan kawasan tradisional yang menyimpan nilai sejarah dan budaya Islam yang tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang dengan metode pendekatan partisipatif action research (PAR), Mitra pada penelitian ini adalah dinas pariwisata kabupaten Langkat, pemerintah Kecamatan dan pemerintah desa di Kecamatan Gebang, tokoh masyarakat, pengurus masjid, dan kelompok pemuda setempat. Bentuk kegiatan meliputi pendokumentasian situs sejarah, seminar tata kelola wisata berbasis syariah dan edukasi sejarah lokal, serta pendampingan promosi digital melalui media sosial dan platform daring. Hasil dari kegiatan ini adalah disetujuinya Desa gebang sebagai salah satu desa unggulan di kabupatan langkat sebagai obyek wisata dengan basis wisata sejarah sehingga menjadi kekuatan ekonomi baru yang berlandaskan spiritualitas, yang turut mendukung terwujudnya Langkat sebagai kabupaten religius yang memiliki keunggulan kompetitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...