Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Etika Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur'an Dan Hadits: Landasan Moral Bagi Pendidik

Nurzam, Muhammad Zaki (Unknown)
Maujud, Fathul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini sangat penting mengingat peran pendidikan dalam membentuk karakter dan moral generasi masa depan, yang saat ini dihadapkan pada tantangan zaman yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadits yang berkaitan dengan etika pendidikan serta menganalisis penerapan prinsip-prinsip etika pendidikan Islam dalam sistem pendidikan modern. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode library research, yang memanfaatkan literatur primer berupa Al-Qur'an dan kitab Hadits, serta referensi sekunder seperti buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai etika yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadits sangat penting dalam membentuk karakter dan moral peserta didik. Prinsip-prinsip etika ini berfungsi sebagai landasan moral dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. Implementasi prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat membantu membangun siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan tanggung jawab sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...