Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Math Playground Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini

Adawiyah, Baiq Rabiatul (Unknown)
Saswariaji, Bq Ulan (Unknown)
Izzah, Baedatul (Unknown)
Fadila, Dayang Yunita (Unknown)
istiningsih, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game interaktif Math Playground untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia dini. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan media digital dalam pembelajaran anak usia dini menjadi semakin penting untuk mendukung proses belajar yang menyenangkan dan efektif. Media pembelajaran berbasis game interaktif ini dirancang untuk menstimulasi kemampuan matematika dasar, seperti pengenalan angka, penjumlahan, pengurangan, dan konsep ruang melalui permainan yang menarik dan edukatif. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Math Playground dapat meningkatkan keterampilan numerasi anak, terbukti dari peningkatan skor pre-tes sebesar 3,16 menjadi post tes 3,79 dengan rata-rata peningkatan kenaikan skor yakni 0.63 setelah menggunakan media math playground. Asdapun anak usia dini juga menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi serta respon positif terhadap penggunaan game ini. Dengan demikian, Math Playground dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...