Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Implementasi Pendidikan Mental Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Modul Tasawuf Karakter di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan dan Dakwah Baitul Mustaghfirin Al-Amir Percut Sei Tuan

Rahmat, Muhammad (Unknown)
Alawiyah, Tuti (Unknown)
Siagian, Zainidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan mental berbasis nilai-nilai Islam dalam Modul Tasawuf Karakter di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan dan Dakwah Baitul Mustaghfirin Al-Amir, Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah strategi guru dalam menanamkan nilai Islam melalui pembelajaran tasawuf, metode yang digunakan, serta dampaknya terhadap karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tasawuf karakter efektif membentuk akhlak mulia, ketenangan batin, dan kesadaran tanggung jawab spiritual siswa. Pendekatan experiential learning dengan integrasi teori dan praktik spiritual memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap perkembangan karakter peserta didik. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan perbedaan latar belakang siswa yang diatasi melalui pembinaan berkelanjutan dan keterlibatan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis spiritualitas Islam dan merekomendasikan pengembangan modul serta pelatihan guru yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...