Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 2 (2025): May

Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 3 Cakranegara

Dian Hawazi (Unknown)
I Nyoman Karma (Unknown)
Nurwahidah (Unknown)
Moh. Irawan Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesiapan guru sekolah dasar dalam merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 3 Cakranegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian ini adalah semua guru kelas I-VI berjumlah enam orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman & Saldana (2018). Hasil penelitian ini menunjukkan kesiapan guru kelas I-VI SD Negeri 3 Cakranegara dalam perencanaan Projek Penguatan Pelajar Pancasila belum maksimal. Hal ini ditinjau dari pemilihan tema dan topik proyek sudah merujuk pada buku panduan profil. Namun, sebagian besar guru berada pada level cukup memahami teori dasar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, belum ada tim khusus proyek di sekolah, pemilihan dimensi dan perancangan jumlah alokasi waktu proyek masih belum sesuai dengan buku panduan, sebagian (tiga orang) guru belum mempunyai modul dan asesmen proyek, serta modul yang digunakan langsung diadaptasi dari platform Merdeka Mengajar tanpa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik (tidak sesuai dengan tahap kesiapan sekolah level berkembang).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...