Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 14 Cakranegara melalui penggunaan media pembelajaran Papan Jurang. Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya keaktifan siswa akibat metode pembelajaran yang bersifat pasif. Sebagai solusi, diterapkan media Papan Jurang yang dirancang untuk menarik perhatian dan meningkatkan partisipasi siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata nilai siswa, dari 65 (pra-siklus) menjadi 75 (siklus I) dan 80 (siklus II). Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 48,39% menjadi 93,55%. Temuan ini menunjukkan bahwa media Papan Jurang efektif dalam meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan. Media ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas guna mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025