Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 3 Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif

Purnamasari, Titin (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)
Khaerudin, Khaerudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 di SDN 23 Mataram, yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan membaca, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran kooperatif. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata nilai tes membaca yang lebih tinggi pada siklus II dibandingkan siklus I, serta meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar dalam bekerja sama, berdiskusi, dan saling membantu memahami materi bacaan. Dengan demikian, strategi pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3. Strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...