SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 8, No 2 (2025): July - December

Pengaruh Resiliensi dan Forgivness Terhadap Kinerja Guru Generasi Z

Roswah, Hesmi Fahd (Unknown)
Prayogi, Ratnawati (Unknown)
Rismadi, Bambang (Unknown)
Pakpahan, Marisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Generasi Z, yang lahir antara 1997–2012, merupakan generasi digital native yang membawa karakteristik unik ke dalam profesi guru, termasuk ketergantungan pada teknologi, orientasi nilai yang kuat, serta kerentanan terhadap stres dan kecemasan. Tantangan kesehatan mental, tekanan kerja, dan ketidaksesuaian nilai dapat menurunkan kinerja dan meningkatkan risiko burnout. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resiliensi dan forgiveness terhadap kinerja guru Generasi Z, baik secara parsial maupun simultan. Metode kuantitatif digunakan dengan sampel 111 guru Gen Z di Jakarta Timur melalui teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik resiliensi (β = 0,364; p = 0,000) maupun forgiveness (β = 0,388; p = 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru secara parsial. Secara simultan, kedua variabel menjelaskan 27,1% variasi kinerja guru. Simpulan penelitian mengonfirmasi bahwa resiliensi dan forgiveness merupakan faktor psikologis penting yang dapat meningkatkan kinerja guru Generasi Z dengan membantu mereka beradaptasi, pulih dari tekanan, dan mengelola emosi negatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...