Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA

Fitriani, Anis Alfian (Unknown)
Hidayat, Febrian Andi (Unknown)
Rahayu, Desti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dan menghasilkan karya atau sebuah proyek pada mahasiswa PGSD mata kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One-shot Case Study. Adapun Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi produk. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creatif Thinking Scale/CTS). Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong pada mata kuliah Desain Pembuatan Alat Peraga IPA katagori tinggi dengan nilai rata-rata 66.9.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...