Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 3 (2025): Agustus

Pembelajaran Radec Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XII IPS SMAN 2 Gerung

Hendra Gunawan (Unknown)
Hairil Wadi (Unknown)
Jepri Utomo (Unknown)
Masyhuri (Unknown)
Maria Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran RADEC Berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 2 Gerung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah adalah siswa kelas XI IPS SMAN 2 Gerung, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan Mind Mapping belum sepenuhnya terlaksana sebesar 66%, berpikir kreatif siswa terlaksana sebesar 64%. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan penerapan model pembelajaran RADEC berbantuan Mind Mapping sepenuhnya terlaksana sebesar 100%, berpikir kreatif siswa sebesar 79%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...