Tulisan ini mengkaji relevansi metode-metode pembelajaran dalam Al-Qur’an dan penerapannya dalam dunia pendidikan Islam. Dengan merujuk pada beberapa ayat seperti Q.S. Al-‘Alaq: 1, Q.S. Hud: 120, Q.S. Al-Baqarah: 189, Q.S. Al-Kahfi: 77, dan Q.S. An-Nahl: 125, ditemukan bahwa Al-Qur’an tidak hanya berfungsi sebagai petunjuk spiritual, tetapi juga sebagai sumber inspirasi pedagogis. Ayat-ayat tersebut mengandung prinsip-prinsip pendidikan seperti metode membaca, bercerita, tanya jawab, demonstrasi, keteladanan, hikmah, ceramah, dan diskusi. Metode-metode ini mencerminkan pendekatan pendidikan yang menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis metode pembelajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an serta mengevaluasi relevansinya terhadap praktik pendidikan Islam kontemporer. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan metode pembelajaran. Data dianalisis dengan menafsirkan makna ayat dan mengaitkannya dengan teori-teori pendidikan kontemporer. Dalam konteks pendidikan modern, nilai-nilai tersebut sangat relevan untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga tangguh secara karakter dan spiritual. Kajian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Qur’ani dalam metode pembelajaran dapat memperkaya sistem pendidikan Islam, sekaligus menjawab tantangan krisis karakter dan rendahnya budaya literasi di kalangan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025