Kemampuan pemecahan masalah (problem solving) matematika merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting dalam pendidikan dasar, khususnya di kelas V sekolah dasar. Siswa diharapkan tidak hanya mampu melakukan operasi matematika dasar, tetapi juga mampu menerapkan konsep-konsep matematika dalam situasi nyata. Untuk mencapai kemampuan tersebut diperlukan beberapa cara salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat seperti model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME). Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 39 Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen tipe quasi eksperimen design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 34 siswa kelas V SDN 39 Mataram. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji pra-syarat yaitu normalitas dan homogenitas. Kemudian uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan berdasarkan hasil analisis data memperoleh nilai sebesar 0,001<0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji gain, nilai Mean dari Ngain skor sebanyak 0,4356, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Gain bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Realisric Matematics Education (RME) berada pada kategori sedang. di tolak dan Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SDN 39 Mataram.
Copyrights © 2025