Pemahaman peserta didik terhadap topik bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN 31 Cakranegara masih rendah dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurangnya media visual interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD terintegrasi Augmented Reality dalam pembelajaran IPAS topik bagian tubuh tumbuhan kelas IV SDN 31 Cakranegara berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 31 Cakranegara yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan LKPD sangat valid dengan skor 0,816 dari ahli materi dan 0,875 dari ahli media. Media LKPD juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon peserta didik sebesar 87,66% (kelompok kecil) dan 82,73% (kelompok besar), serta respon guru sebesar 84,62%. Uji keefektifan LKPD menunjukkan nilai N-Gain sebesar 61,75% dalam kategori efektif. Berdasarkan hal tersebut maka LKPD terintegrasi Augmented Reality yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS topik bagian tubuh tumbuhan. Keywords: LKPD, Augmented Reality, IPAS, Bagian Tubuh Tumbuhan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025