Materi laju reaksi memiliki karakteristik yang mencakup berbagai konsep abstrak dan seringkali dianggap sulit oleh siswa sehingga menimbulkan miskonsepsi pada saat proses pembelajaran. Materi laju reaksi bersifat abstrak yang perlu dijelaskan dengan multipel representasi kimia yaitu level makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Salah satu upaya untuk menghindari miskonsepsi siswa pada materi laju reaksi yang bersifat abstrak adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi dengan multipel representasi kimia. Media powerpoint interaktif merupakan salah satu media yang dapat memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media powerpoint interaktif terintegrasi multipel representasi kimia pada materi laju reaksi fase F SMA/MA dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan. Media powerpoint interaktif divalidasi oleh 5 validator yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMA Negeri 1 Banuhampu. Uji praktikalitas dilaksanakan dengan 2 orang guru kimia SMA Negeri 1 Banuhampu serta 26 siswa fase F SMA Negeri 1 Banuhampu. Rumus yang digunakan untuk menganalisis tingkat validitas adalah rumus Aiken’s V dengan nilai validitas 0,91 yang dinyatakan valid dan tingkat praktikalitas guru dan siswa dianalisis dengan rumus Purwanto dengan nilai praktikalitas guru dan siswa berturut-turut 95% dan 92% tang dikategorikan sangat praktis.
Copyrights © 2025