Kurangnya variasi model pembelajaran di SMA N 1 Teupah Selatan memengaruhi keaktifan siswa dalam materi Demokrasi sehingga hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui keaktifan dan menganalisis hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada kelas X SMA N 1 Teupah Selatan. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi adalah seluruh siswa kelas X (XA dan XB), sedangkan sampel diambil secara jenuh, yaitu kelas XA 15 siswa dan kelas XB 15 siswa, total 30 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur keaktifan dan soal tes untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa meningkat: pertemuan pertama nilai rata-rata kelas eksperimen 50,83% dan kontrol 41,3%, sedangkan pertemuan kedua kelas eksperimen 65,53% dan kontrol 48,4%. Uji t menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Teupah Selatan pada materi Demokrasi.
Copyrights © 2025