Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 1 (2025): Volume 5, Nomor 1 Tahun 2025

Dasar Kerja Pendidik Triloka Ki Hadjar Dewantara

Arzaqi, Argha Zidan (Unknown)
Imroatus Sholekah, Ana (Unknown)
Rohmania, Nailul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dasar kerja pendidik berdasarkan pemikiran triloka Ki Hadjar dewantara, yang terdiri dari tiga peran utama pendidik, yakni Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri handayani. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali relevansi prinsip triloka dalam praktik pendidikan kontempoper di Indonesia, khususnya dalam konteks pengembangan kompetensi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip triloka masih relevan dan mampu memperkuat dimensi pedagodis serta etika profesional guru. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam triloka mencerminkan filosofi pendidikan hokistik yang tidak hanya berorientasi pada transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan kemandirian siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...