Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 5 No 3 (2025): Volume 5, Nomer 3 Tahun 2025

Dampak Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini

Laila, Nurlaila (Unknown)
Oktaviani, Ragil Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dampak penggunaan aplikasi tik tok terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Aplikasi tik tok adalah aplikasi yang banyak di gandrungi oleh beberapa kalangan termasuk anak anak. Seiring dengan perkembangan zaman teknologi semakin canggih dan mudah di akses oleh siapapun. Hal ini memunculkan beberapa dampak positif dan negative untuk anak anak. Secara positif aplikasi ini dapat,meningkatkan, kreativitas, keterampilan, kepercayaan diri dan ekspresi dari anak anak, namun ada juga dampak negatif seperti anak lebih suka bermain hp dari pada bermain dengan teman sebaya,penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat mengakibatkan gangguan tidur pada anak Karena anak keasikan main hp,peningkatan kecemasandan penurunan kerja akademik, membuat anak kecanduan. penggunaan aplikasi tik tok pada anak memiliki potensi baik dan buruk terhadap perkembangan sosial dan emosional mereka, dalam hal ini di butuhkan peran dan penggawasan orang tua dan pendidik dalam mengawasi dan membimbing anak anak dalam penggunaan aplikasi ini dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...