Kesiapan menjadi orang tua merupakan aspek penting bagi pasangan calon pengantin, namun masih banyak yang memasuki pernikahan tanpa pengetahuan dan keterampilan memadai untuk mengasuh anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kelas parenting terhadap kesiapan pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test and post-test. Sampel penelitian adalah 24 pasangan calon pengantin yang dipilih melalui teknik accidental sampling pada periode 7 Juli–7 Agustus 2025 sesuai kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesiapan responden sebesar 45,83% setelah intervensi. Uji Wilcoxon signed-rank test menghasilkan p-value 0,029 (<0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan kelas parenting terhadap kesiapan menjadi orang tua. Temuan ini menegaskan bahwa kelas parenting berpotensi diterapkan secara berkelanjutan di KUA sebagai strategi preventif dalam menghadapi permasalahan keluarga dan pengasuhan anak.
Copyrights © 2025