Keterlambatan keberangkatan penerbangan yang disebabkan oleh keterlambatan kedatangan dapat mempengaruhi kepuasan penumpang. Selama ini pengelolaan kinerja perusahaan Garuda Indonesia hanya berfokus pada ketepatan waktu keberangkatan belum fokus pada kedatangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh keterlambatan penerbangan terhadap kepuasan penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, uji parsial (T) dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t hitung t tabel yaitu 9,658 1,984 artinya H0 ditolak dan Haditerima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel keterlambatan penerbangan (X) terhadap kepuasan penumpang (Y). Selain itu, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R square () sebesar 0,488 yang berarti keterlambatan penerbangan berpengaruh sebesar 48,8% terhadap kepuasan penumpang, sementara 51,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar keterlambatan penerbangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025