Kalam Al Gazali: Education and Islamic Studies Journal
Vol 2 No 2 (2025): Education and Islamic Studies Journal (Februari-September)

Relevansi Konsep Pemikiran Tafsir Kontemporer Muhammad Abduh dengan Kurikulum Merdeka

Nurul Azizah (Unknown)
Muhammad Zuhud Pramono (Unknown)
Putri Nadya Nurkholiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pemikiran pendidikan Muhammad Abduh dengan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis tokoh melalui aspek biografi, bibliografis, dan hermeneutika. Data diperoleh dari jurnal, artikel, buku, dan karya ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abduh yang menekankan fleksibilitas, kemandirian, integrasi ilmu agama dan ilmu modern, serta pengembangan moral dan akhlak, selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada kebebasan belajar, diferensiasi, dan penguatan karakter. Konsep pembelajaran Abduh yang mengutamakan rasionalitas, metode diskusi, dan pemahaman kritis juga sejalan dengan pendekatan Kurikulum Merdeka. Integrasi pemikiran Abduh dalam Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memperkuat sistem pendidikan Indonesia agar lebih adaptif, inklusif, serta berbasis nilai-nilai keislaman, sehingga mampu mencetak peserta didik yang unggul secara akademik dan berkarakter kuat dalam menghadapi tantangan global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kalam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following general topics (Journal Scope): Quranic exegesis, living sunnah, Islamic law, Islamic philosophy, Islamic mysticism, theology, education, and scientific ...