Latar belakang: Stunting merupakan suatu kondisi dimana pertumbuhan balita terhambat akibat kekurangan gizi yang terus menerus membuatnya lebih pendek dibandingkan anak-anak lain seusianya, sehingga program kelas balita menjadi salah satu pendukung untuk pencegahan stunting. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui kejadian stunting sebelum dan sesudah dilakukan kelas balita diwilayah kerja Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta. Metode penelitian: Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-postest, pendekatan cross-sectional Sampel penelitian berjumlah 100 ibu balita yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari kuesoner perilaku pencegahan stunting, kemudian dianalisis menggunakan uji Man Whitney Test. Hasil Penelitian: Hasil penelitian yang diuji dengan uji statistik Man Whitney Test, nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh adalah 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh kelas balita terhadap perilaku pencegahan stunting di wilayah kerja Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara kelas balita dengan perilaku pencegahan stunting diwilayah kerja Puskesmas Kotagede 1 Yogyakarta. Saran: Diharapkan ibu lebih aktif dalam mengikuti kelas balita untuk upaya memperluas pengetahuan, perilaku, sikap pencegahan stunting.
Copyrights © 2025