Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus-September 2025)

Strategi Digital Branding Pendidikan Vokasi: Integrasi AISAS Model, Algorithmic Media Theory, dan Brand Awareness Hierarchy

Alfarizy, Razky Didhan (Unknown)
Patrissia, Ressa Uli (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengelolaan konten kreatif pada akun Instagram @lp3i.indonesia dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan Brand awareness LP3I College sebagai institusi pendidikan vokasi dua tahun siap kerja. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif berbasis studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif selama lima bulan dan dianalisis menggunakan teknik thematic mapping dan pattern matching. Penelitian ini menggabungkan tiga pendekatan teoritis utama: Algorithmic Media Theory (AMT), model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), dan Brand awareness Hierarchy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten visual naratif (reels, caption storytelling, dan CTA interaktif) yang selaras dengan algoritma Instagram dapat meningkatkan awareness digital dari level recognition ke recall. Selain itu, keterlibatan emosional dan social sharing turut berkontribusi terhadap pembentukan advokasi merek. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan model strategis komunikasi digital berbasis algoritma yang dapat direplikasi pada institusi pendidikan lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...