Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus-September 2025)

Pengujian Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS di Kelas IV UPT SD Negeri Campurejo 1 Tuban

Hardiyanti, Novia (Unknown)
Dumiyati (Unknown)
Apriono, Djoko (Unknown)
Wardhono, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kevalidan dari media interaktif berbasis Canva untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Validasi dilakukan melalui pendekatan expert judgment, yakni penilaian yang diberikan oleh para pakar berdasarkan instrumen tertentu, yang mencakup kelayakan isi oleh ahli materi, kualitas tampilan media oleh ahli media, serta kesesuaian terhadap prinsip-prinsip pembelajaran oleh ahli pembelajaran. Data yang diperoleh dari para ahli dianalisis dengan menghitung skor rata-rata per aspek serta persentase kelayakan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media interaktif ini memperoleh skor validitas sebesar 95% pada aspek media, 96,25% pada aspek isi materi, 97% untuk aspek kebahasaan, dan 98% pada aspek pembelajaran. Secara keseluruhan, rata-rata kevalidan mencapai 96,56%, yang dikategorikan sebagai “sangat valid”. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran tersebut memenuhi standar kelayakan dan dapat digunakan secara optimal dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar. Tingkat validitas yang tinggi mencerminkan bahwa media berbasis Canva ini memiliki potensi besar untuk diimplementasikan dalam pembelajaran, khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial siswa. Hasil ini sejalan dengan sejumlah penelitian sebelumnya yang juga membuktikan efektivitas Canva dalam mendukung pembelajaran yang inovatif dan bermakna di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang interaktif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...