Gua Sunyaragi, sebuah situs cagar budaya di Cirebon yang kaya sejarah dan spiritual, memiliki citra kurang menarik bagi wisatawan muda karena dianggap membosankan, kurang terawat, dan memiliki stigma negatif masa lalu. Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun kembali citra Gua Sunyaragi melalui destination branding, menekankan identitasnya sebagai "ruang sunyi" di tengah hiruk pikuk kota, dan meningkatkan brand awareness. Pendekatan kualitatif (observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur) digunakan untuk menganalisis potensi dan kebutuhan visual. Hasil perancangan mencakup Graphic Standard Manual (GSM) sebagaimedia utama, serta media pendukung seperti media sosial, signage, merchandise, dan peta lipat. Semua elemen visual dirancang modern namun selaras nilai lokal, untuk menarik audiens muda dan memperkuat kesan Gua Sunyaragi sebagai ruang reflektif dan damai. Diharapkanperancangan ini menciptakan citra positif dan meningkatkan brand awareness destinasi.Kata Kunci: Gua Sunyaragi, branding destinasi, ruang sunyi.
Copyrights © 2025