QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Analisis Kebijakan dan Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Identifikasi Tantangan dan Solusi

M. Yusup, M. Yusup (Unknown)
Amiruddin, Amiruddin (Unknown)
Hadiyanto Zulbasri (Unknown)
Ardaini, Ardaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Sebelum adanya penataan yang komprehensif, pendidikan Islam di Indonesia masih menghadapi kesenjangan kualitas lembaga, keterbatasan sumber daya manusia, dan lemahnya manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan Islam di Indonesia, mengidentifikasi problematika yang dihadapi, serta merumuskan solusi strategis yang relevan dengan kebutuhan kontemporer. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang mengkaji buku, jurnal, dokumen kebijakan, dan regulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama pendidikan Islam terletak pada ketidakseimbangan kurikulum, disparitas mutu antar-lembaga, dan keterbatasan pembiayaan, yang diperburuk oleh pengaruh globalisasi. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru, reformulasi kurikulum integratif, optimalisasi manajemen pendidikan, serta kolaborasi pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk menjadikan pendidikan Islam mampu menjawab tantangan zaman dan meningkatkan daya saing global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...