Sebelum adanya penataan yang komprehensif, pendidikan Islam di Indonesia masih menghadapi kesenjangan kualitas lembaga, keterbatasan sumber daya manusia, dan lemahnya manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan Islam di Indonesia, mengidentifikasi problematika yang dihadapi, serta merumuskan solusi strategis yang relevan dengan kebutuhan kontemporer. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan yang mengkaji buku, jurnal, dokumen kebijakan, dan regulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama pendidikan Islam terletak pada ketidakseimbangan kurikulum, disparitas mutu antar-lembaga, dan keterbatasan pembiayaan, yang diperburuk oleh pengaruh globalisasi. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru, reformulasi kurikulum integratif, optimalisasi manajemen pendidikan, serta kolaborasi pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk menjadikan pendidikan Islam mampu menjawab tantangan zaman dan meningkatkan daya saing global
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025