Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal ilmiah Pendidik Indonesia

Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis contextual Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Kecerdasan Ekologis dan Sikap Peduli Lingkungan

Sakinah, Ana (Unknown)
Anna Fitri Hindriana (Unknown)
Agus Yadi Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan e-modul kontekstual terintegrasi nilai Islami pada materi pencemaran lingkungan, (2) mengkaji kecerdasan ekologis siswa setelah implementasi e-modul, (3) menganalisis kepedulian lingkungan siswa pasca penggunaan e-modul, serta (4) mengevaluasi respons siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII di MTs Ar Ruhama, dengan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan VII C sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, perancangan konten, pengembangan produk, dan validasi oleh ahli media, materi, serta bahasa yang menyatakan e-modul layak digunakan; (2) kecerdasan ekologis siswa meningkat dari nilai pretest 52,2 menjadi posttest 79,8; (3) kepedulian lingkungan kelas eksperimen naik dari 73,2 menjadi 85,4, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 74,4 menjadi 77; dan (4) siswa memberikan respons positif terhadap kegunaan dan fungsionalitas e-modul. Dengan demikian, e-modul kontekstual berbasis nilai Islami terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran, mampu meningkatkan kecerdasan ekologis, serta menumbuhkan kepedulian lingkungan. Rekomendasi perbaikan mencakup penyesuaian jumlah halaman untuk menghindari kejenuhan dan penambahan animasi 3D guna meningkatkan keterlibatan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...