Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Abdimas Berdaya

Strategi Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pendekatan Kolaboratif

Sa'diyah, Halimatus (Unknown)
Kumala, Imtinan Widhah (Unknown)
Fauzi, Ahmad Fuad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Program Kampus Mengajar (PKM) bertujuan mengatasi masalah rendahnya literasi dan numerasi siswa di Indonesia. Kegiatan ini terfokus di SMP Terpadu Nurul Ummah, Lamongan, sebuah sekolah swasta yang menjadi mitra pelaksanaan program. Tujuannya, melalui kolaborasi mahasiswa, guru, dan pemangku kepentingan, adalah meningkatkan kompetensi dasar siswa. Metode pelaksanaannya sistematis, mencakup asesmen awal (pre-test AKM), perencanaan strategi bersama (RAK), hingga intervensi literasi dan numerasi seperti Pojok Baca, Literasi Camp, Kotak Soal, Game Pembelajaran, dan Bimbel AKM. Hasil evaluasi akhir (post-test) menunjukkan peningkatan signifikan skor literasi dan numerasi siswa, membuktikan efektivitas intervensi. Keterlibatan aktif seluruh komponen sekolah sangat penting untuk menciptakan ekosistem belajar yang mendukung budaya literasi dan numerasi berkelanjutan. Strategi kolaboratif ini menjembatani kesenjangan pembelajaran, memperkuat hubungan sinergis antara perguruan tinggi dan institusi pendidikan dasar, sekaligus menumbuhkan semangat kolaborasi lintas sektor demi transformasi pendidikan dasar yang menyeluruh.

Copyrights © 2025