Untuk mewujudkan pembelajaran berkualitas, salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan model pembalajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model discovery learning berbantuan AI. AI dapat membantu memberikan umpan balik yang dipersonalisasi untuk meningkatkan pemahaman siswa, discovery learning memberi siswa kesempatan untuk aktif belajar dan menemukan konsep matematika sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh dari penerapan discovery learning berbantuan AI terhadap hasil belajar matematika siswa dari domain kognitif dan juga afektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Cilegon tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga kelas dari tujuh kelas yang yang ada di tingkat VIII di MTSN 2 Kota Cilegon yang masing-masing kelasnya terdiri dari tiga puluh orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Desain penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest controlled group untuk mengevaluasi pengaruh model discovery learning berbantuan AI terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan AI berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa.
Copyrights © 2025