Kecelakaan dan cedera adalah bagian dari peristiwa sehari-hari. Kecelakan dan cedera dapat terjadi di rumah, di jalan dan di sekolah. Kecelakaan dan cedara dapat menyebabkan masalah serius bila tidak ditangani dengan benar. Prevalensi kejadian cedera pada siswa di sekolah mengalami peningkatan dan penurunan setiap tahunnya. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh edukasi perawatan cedera terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama berbasis media audio visual pada siswa di SMPN 4 Belinyu Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain pra experiment dengan one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah 212 siswa. Besaran sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa ada pengaruh edukasi perawatan luka cedera terhadap tingkat pengetahuan pertolongan pertama sebelum dan sesudah diberikan edukasi perawatan luka cedera dengan p-value (0,000) < 0,05. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan seluruh tenaga pendidik rutin melakukan penyuluhan kepada siswa bagaimana cara pertolongan pertama dengan cepat dan tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025