Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 2 (2025): Juli 2025

Pengembangan Media Pembelajaran E-book Infografis Perlawanan Rakyat Indonesia Melawan Kolonialisme dan Imperialisme Sebagai Penunjang Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Pekanbaru

Azzahra, Silvia (Unknown)
Isjoni, Isjoni (Unknown)
Asril, Asril (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-book infografis pada materi “Perlawanan Rakyat Indonesia Melawan Kolonialisme dan Imperialisme” untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar sejarah akibat media pembelajaran yang kurang menarik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media dikembangkan menggunakan Adobe Photoshop dan disajikan melalui platform Heyzine. Validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan. Uji coba pada siswa juga menunjukkan respon positif dengan skor 87% pada uji coba kecil dan 82,86% pada uji coba besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book infografis ini efektif dan menarik sebagai media pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...