Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol. 11 No. 2 (2025): September

Analisis Implementasi Program Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Bencana pada Lembaga Korp Pelajar Putri Kabupaten Pasuruan: Pendekatan Studi Kasus

Irawati Azizah (Unknown)
Andriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Abstract: Pasuruan Regency has a significant level of disaster vulnerability, particularly related to hydrometeorological events such as tornadoes, landslides, and floods. The purpose of this study was to evaluate the disaster response education and training program of the Pasuruan Regency Female Student Corps (KPP) and identify factors that contribute to and reduce its effectiveness. This study employed a case study design and a qualitative approach. In-depth interviews, documentation, and observation were among the methods used to collect data. Although the training program has not been optimally implemented, research findings indicate that it has had a positive impact on participants' knowledge and preparedness. Several challenges identified include a lack of a comprehensive needs analysis, a lack of facilities and qualified trainers, and training techniques that do not adequately consider participants' age and background. In summary, although the training program was deemed highly effective, its planning, implementation, and assessment still need improvement. For the program to reach all participants equitably and sustainably, a more inclusive and participatory training approach is needed. Abstrak: Kabupaten Pasuruan memiliki tingkat kerentanan bencana yang signifikan, terutama terkait dengan peristiwa hidrometeorologi seperti tornado, tanah longsor, dan banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pendidikan dan pelatihan tanggap bencana Korps Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Pasuruan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi dan mengurangi efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dan pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Meskipun program pelatihan belum berjalan optimal, temuan penelitian menunjukkan bahwa program tersebut memberikan dampak yang baik terhadap pengetahuan dan kesiapan peserta. Beberapa tantangan yang ditemukan antara lain kurangnya analisis kebutuhan yang menyeluruh, kurangnya fasilitas dan pelatih yang berkualifikasi, serta teknik pelatihan yang tidak mempertimbangkan usia dan latar belakang peserta secara memadai. Singkatnya, meskipun program pelatihan dinilai sangat efektif, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaiannya masih perlu ditingkatkan. Agar program dapat menjangkau semua peserta secara merata dan berkelanjutan, diperlukan pendekatan pelatihan yang lebih inklusif dan partisipatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...