Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol. 11 No. 2 (2025): September

Upaya Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja

Jaenudin, Ahmad (Unknown)
Sobari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Abstract: This study aims to evaluate the impact of non-formal education in addressing the influence of social media on the social behavior and mental well-being of adolescents. The research method employed a quantitative approach using surveys and interviews involving two groups of respondents: adolescents who participated in non-formal education programs and those who did not. The findings reveal that participation in non-formal education significantly correlates with a reduction in time spent on social media, decreased social anxiety, and improved stress and emotion management skills. Adolescents who participated in non-formal education reported feeling more confident and better able to manage the negative influences of social media. In conclusion, non-formal education has a significant positive impact on helping adolescents manage social media’s effects, both socially and psychologically, while improving their mental well-being. These findings emphasize the importance of non-formal education as a tool for enhancing the quality of life for adolescents in the digital age. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendidikan nonformal dalam mengatasi pengaruh media sosial terhadap perilaku sosial dan kesejahteraan mental remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei dan wawancara yang melibatkan dua kelompok responden, yaitu remaja yang mengikuti program pendidikan nonformal dan remaja yang tidak mengikuti program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam pendidikan nonformal berhubungan signifikan dengan pengurangan waktu yang dihabiskan di media sosial, penurunan kecemasan sosial, serta peningkatan kemampuan dalam pengelolaan stres dan emosi. Remaja yang mengikuti program pendidikan nonformal melaporkan perasaan lebih percaya diri dan mampu mengelola pengaruh negatif dari media sosial dengan lebih baik. Kesimpulannya, pendidikan nonformal memiliki dampak positif yang signifikan dalam membantu remaja mengelola pengaruh media sosial, baik dari segi sosial maupun psikologis, serta meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan nonformal sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup remaja di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...