JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN
Vol 13, No 2 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan

Analisis Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas

Wulandari, Dian Nur (Unknown)
Suryanti, Hera Heru Sri (Unknown)
Restuningsih, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2025

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan buku cerita bergambar dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri 02 Bejen Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Pelaksanaannya dilakukan di sekolah dengan melibatkan siswa kelas III, wali kelas, serta kepala sekolah. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen yang tersedia. Hasil kajian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar memberi pengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa. Anak-anak terlihat lebih bersemangat dan tertarik ketika membaca. Pemahaman mereka terhadap isi bacaan meningkat, begitu pula dengan pelafalan dan intonasi ketika membaca. Bagi siswa yang masih mengalami kesulitan, buku cerita bergambar membantu mereka agar lebih mudah memahami materi. Guru dan kepala sekolah menilai bahwa penggunaan buku cerita bergambar menjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Selain itu, media ini juga mendukung perkembangan sikap dan karakter siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD Negeri 02 Bejen Karanganyar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research articles results and conceptual studies in field of educational management and educational administration. Jurnal Manajemen Pendidikan publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of educational ...