Kompetensi global adalah keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa sekolah dasar untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kompetensi global siswa SDN 1 Wette’e sebelum dan sesudah pelaksanaan program Kelas Mimpi Global. Penelitian menggunakan desain one-group pre-test post-test dengan 31 siswa sebagai responden. Instrumen penilaian diadaptasi dari kerangka kompetensi global PISA (2018) yang mencakup empat dimensi: (1) memeriksa isu lokal, global, dan antarbudaya; (2) memahami dan menghargai perspektif orang lain; (3) berinteraksi secara terbuka, tepat, dan efektif lintas budaya; dan (4) mengambil tindakan untuk kesejahteraan bersama dan pembangunan berkelanjutan. Analisis deskriptif menunjukkan penurunan persentase siswa kategori Rendah dari 41,9% menjadi 22,6%, serta peningkatan pada kategori Baik dan Sangat Baik. Rata-rata skor total meningkat 2,87 poin, dengan peningkatan signifikan pada dimensi Global Issues (0,21 poin) dan Perspectives (0,63 poin), sementara dimensi Interactions dan Action meningkat namun tidak signifikan. Hasil ini menunjukkan program efektif meningkatkan kesadaran global, khususnya pemahaman perspektif orang lain, meski perlu penguatan untuk interaksi lintas budaya dan aksi kolektif.
Copyrights © 2025