Jurnal RAP
Vol 16, No 1 (2025)

RELIABILITAS DAN VALIDITAS KONSTRUK SKALA KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sari, Ega Yugesti (Unknown)
Samudera, Arung (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2025

Abstract

Kurangnya rasa percaya diri pada siswa akan menghambat siswa dalam mengenal potensi dan kemampuan yang dimilikinya, oleh sebab itu bagi seorang guru penting untuk memperhatikan seberapa besar tingkat kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswanya untuk mengeksplorasi kemampuan yang siswa miliki. Tujuan penelitian untuk mengembangkan alat ukur pada skala kepercayaan diri dengan uji validitas konstruk dan reliabilitas pada siswa sekolah menengah atas. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 239 pasrtisipan. Metode pungumpulan data, skala kepercayaan diri di unggah menggunakan google form. Analisis penelitian ini dalam mengembangkan alat ukur skala kepercayaan diri menggunakan bantuan software Jamovi 2.3.28.  Hasil didapatkan dari 40 aitem pernyataan menjadi 16 aitem pernyataan yang dikatakan memenuhi kriteria fit yaitu pada indikator KD5, KD6, KD9, KD10, KD12, KD13, KD17, KD37, KD25, KD26, KD29, KD31, KD32, KD33, KD34, dan KD38. Dimana hasil corrected item total correlation bergerak antara 0.326-0.664 serta hasil uji reliabilitas mendapatkan nilai cronbach’s alpha sebesar 0.837. Alat ukur ini dapat digunakan oleh peneliti lain dalam mengukur tingkat kepercayaan diri pada siswa SMA

Copyrights © 2025